Kamis , Januari 19 2017

2016 Akan Berakhir, Tapi Masalah Kesehatan Masih Menjadi PR Besar Indonesia

Up-News – Berita Tentang 2016 Akan Berakhir, Tapi Masalah Kesehatan Masih Menjadi PR Besar Indonesia

Sepanjang 2016, masih banyak masalah kesehatan di Indonesia yang belum terselesaikan secara maksimal. Dari banyaknya masalah kesehatan yang terjadi, merebaknya kasus zika, vaksin palsu dan masalah gizi yang cukup mencuat di tahun ini.

“Pekerjaan kami belum selesai. Kalau sudah selesai pasti semua masyarakat sehat. Kita masih melihat bangsa ini banyak yang sakit,” kata Nila F. Moeloek, Menteri Kesehatan RI dalam Jumpa Pers Akhir Tahun di Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Jika melihat banyaknya masalah kesehatan yang harus segera dituntaskan. Menkes mengatakan satu kendala yang masih dialami adalah terkait APBN.

“Untuk kesehatan diberikan 5 persen dari total APBN. Menurut kami dengan jumlah tersebut masih banyak pekerjaan yang belum bisa diselesaikan,” katanya.

Kemudian, kesadaran akan hidup sehat di masyarakat juga terbilang masih rendah. Karenanya perlu dikuatkan edukasi terkait kepedulian hidup sehat secara menyeluruh.

Misalnya dengan mengubah mindset masyarakat untuk mengutamakan hidup sehat. Karenanya dibentuklah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang didukung oleh lintas sektoral.

“Kami Kemenkes tidak bisa bekerja sendiri. Perlu adanya dukungan dari kementerian lain. Seperti baru saja di NTT kami bekerja sama dengan PU untuk penyedia akses air bersih. Melihat refleksi 2016, banyak hal yang masih dikerjakan dan belum selesai menurut saya,” ucapnya.

Sumber: citizendaily 2016 Akan Berakhir, Tapi Masalah Kesehatan Masih Menjadi PR Besar Indonesia Sumber: 2016 Akan Berakhir, Tapi Masalah Kesehatan Masih Menjadi PR Besar Indonesia Suaranews/Up-News