Home / News / Turki Kecam Pengakuan Yerusalem Sebagai Ibukota Israel Oleh Amerika

Turki Kecam Pengakuan Yerusalem Sebagai Ibukota Israel Oleh Amerika

Up-News – Turki Kecam Pengakuan Yerusalem Sebagai Ibukota Israel Oleh Amerika

ANKARA, muslimdaily.net – Turki pada hari Rabu mengutuk pengakuan pemerintah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

“Kami mengecam pernyataan yang tidak bertanggung jawab dari Pemerintah AS yang menyatakan bahwa mereka mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan akan memindahkan Kedubes AS ke Israel ke Yerusalem,” Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menulis di akun Twitter-nya, demikian lansir worldbulletin.net.

“Keputusan ini bertentangan dengan hukum internasional dan Resolusi PBB yang relevan.”

Kementerian Luar Negeri Turki secara resmi juga mengeluarkan pernyataan serupa mengenai pengumuman Donald Trump tersebut. Pernyataan tersebut mengatakan bahwa keputusan pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel bertentangan dengan hukum internasional dan Resolusi PBB yang relevan, karena aneksasi Yerusalem oleh Israel telah ditolak oleh masyarakat internasional dan PBB.

Lihat juga  Legislatif Palestina pada Trump: Ingat Intifadah Bermula karena Yerusalem!

“Telah berulang kali ditekankan oleh berbagai Resolusi PBB bahwa pertanyaan Palestina hanya dapat diselesaikan melalui keberadaan Negara Palestina yang merdeka, berdaulat dan bersebelahan berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya. Tidak dapat diterima bahwa AS, Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB, mengabaikan fakta ini. Pencapaian kemerdekaan oleh Palestina adalah kewajiban sejarah, pertanggungjawaban dan manusia. Turki akan terus melakukan advokasi ini,” kata pernyataan tersebut.

Sementara itu langkah Amerika ini tentu mendapatkan sambutan baik dari pihak Israel. Perdana Mentri Israel menyatakan rasa trimakasihnya kepada Donald Trump yang telah mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Lihat juga  Wakil Perdana Menteri Turki Kunjungi Pondok Yatim PKPU Human Initiative

“Ini adalah hari bersejarah,” kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan segera setelah pengumuman Trump.

“Kami sangat berterima kasih kepada presiden atas keputusannya yang gagah berani dan adil untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan bersiap untuk pembukaan kedutaan A.S. di sini,” katanya.

Turki Kecam Pengakuan Yerusalem Sebagai Ibukota Israel Oleh Amerika
Sumber: http://www.muslimdaily.net/berita/turki-kecam-pengakuan-yerusalem-sebagai-ibukota-israel-oleh-amerika.html

Incoming search terms:

  • tanggapan terkait pengakuan israel oleh amerika