Home / News / Reuni 212 Kembali Persatukan Umat

Reuni 212 Kembali Persatukan Umat

Up-News – Reuni 212 Kembali Persatukan Umat

JAKARTA, muslimdaily.net – Pada hari Sabtu 2 Desember lalu, ratusan ribu umat Islam dari berbagai daerah di Indonesia kembali bertemu di Lapangan Monumen Nasional atau Monas dalam rangka Reuni 212. Umat hadir hadir dengan penuh rasa suka cita untuk menjalin ukhuwah dan memperkokoh persatuan umat Islam untuk membangun negeri ini lebih baik lagi di masa mendatang.

Sejumlah acara digelar dalam rangkaian kegiatan Reuni 212 tersebut, dimulai dengan shalat subuh berjamaah, ceramah, shalawat, dan dzikir. Kegiatan Reuni 212 juga sekaligus dalam rangka memperingati hari Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasalam.

Selain sukses menghadirkan jumlah massa yang besar, acara tersebut juga banyak dihadiri para ulama dan tokoh nasional. Mereka diantaranya KH Abdul Rasyid Abdullah Syafii, KH Cholil Ridwan, Prof Dr KH Didin Hafidhuddin, KH Nasir Zein, KH Shabri Lubis, KH Bachtiar Nasir, KH Muhammad al Khaththath, KH Maksum Bondowoso, KH Zaitun Rasmin, Habib Ahmad al Kaff, Habib Muchsin bin Zaid, Ustaz Felix Siauw dan lainnya.

Hadir pula Prof Dr Amien Rais, Fadli Zon, Fahri Hamzah, Hidayat Nur Wahid, Sohibul Iman, Neno Warisman, Opick, Ahmad Dhani, Buni Yani dan lainnya. Tak ketinggalan Gubernur DKI Anies Baswedan juga turut hadir.

Lihat juga  TERCYDUK! Habis Disanjung Detikcom, Jokowi KEDAPATAN Buang Sampah SEMBARANGAN!

Ketua Panitia Reuni Akbar 212, KH Misbahul Anam mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu demi terselenggaranya acara tersebut. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada para ulama dan umat Islam dari berbagai daerah seluruh Indonesia yang hadir.

“Pertahankan kesatuan kita, kata Nabi wajib atas kalian bersatu karena pertolongan diberikan kepada kaum yang bersatu,” jelas Kyai Misbah demikian pemberitaan suara-islam.com.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang juga mantan Ketua BAZNAS, Prof KH Didin Hafidhuddin, turut hadir pada acara Reuni Akbar 212 kemarin.

Dalam tausiyahnya, Kiai Didin menyatakan, kenikmatan Reuni Alumni 212 hanya bisa dirasakan mereka yang memiliki iman.

“Mereka yang mencemoohkan Reuni 212 tidak akan merasakan keindahan nikmat ini. Ini hanya bisa dirasakan orang beriman,” ungkapnya sebagaimana dilaporkan hidayatullah.com.

Sementara itu seorang ulama Betawi, KH Cholil Ridwan, menyatakan, kondisi umat Islam saat ini tergantung kepada usahanya sendiri dalam memperbaiki diri. Menurutnya umat Islam Indonesia harus hijrah. Hijrah adalah titik awal terjadinya perubahan.

Lihat juga  [REUNI AKBAR 212] Habib Mahdi: 212 Adalah Madrasah yang Mengajarkan Berbagai Kebaikan Bagi Bangsa Ini

Begitu juga di zaman ini, Kiai Cholil mengajak umat Islam untuk kembali berhijrah. Bukan hijrah fisik tapi hijrah maknawi.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wata’ala dalam Surat Ar-Ra’d ayat 11, yang artinya, “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan mereka sendiri.”

Gerakan Indonesia Shalat Subuh

Reuni 212 mengikrarkan Gerakan Indonesia Shalat Subuh. Langkah ini dinilai jadi titik tolak kebangkitan umat.

Dibimbing KH Muhammad Al Khaththath., peserta Reuni 212 menyatakan ikrar Gerakan Indonesia Shalat Subuh. Dalam ikrar itu, mereka bertekad dan bercita-cita senantiasa istiqamah datang ke masjid di waktu subuh untuk shalat subuh berjamaah.

Mereka juga bertekad untuk senantiasa mengajak keluarga, tetangga dan kawan untuk datang ke masjid untuk shalat subuh berjamaah.

“Semoga Allah SWT memberikan kekuatan spiritual dan kesungguhan kepada kami semua serta membukakan pintu hati bangsa Indonesia sehingga tekad dan cita-cita mulia ini terwujud. Dan semoga dengan terwujudnya Indonesia shalat subuh secara merata di seluruh wilayah NKRI pada tahun 2020 kami berharap Allah SWT berkenan menganugerahkan negara Indonesia yang berkah, aman dan sentosa,” ujar Ustaz al Khaththath yang diikuti serta diaminkan seluruh jamaah yang hadir, demikian pemberitaan suara-islam.com.

Lihat juga  Luhut: Selama Jadi Presiden Jokowi Tambah Pintar

Reuni 212 Kembali Persatukan Umat
Sumber: Muslimdaily.net

Shares