Home / News / Kisah NYATA : Pemimpin Gereja ini memiliki istri sampai 40 Orang Wanita

Kisah NYATA : Pemimpin Gereja ini memiliki istri sampai 40 Orang Wanita

Up-News – Kisah NYATA : Pemimpin Gereja ini memiliki istri sampai 40 Orang Wanita

Baca Juga 


  Yes  Muslim  –  Ini kebalikan dari umumnya para pastur atau biarawati yang tidak kawin, justru laporan CNN tentang pemimpin Gereja Mormon, dan secara berani mengungkapkan bahwa sang pendiri gereja, Joseph Smith, mempunyai 40 istri, termasuk satu istri yang ia kawini pada usia 14 tahun.





“Smith mengawini sekitar 30 hingga 40 istri,” begitu tulis esai tersebut, seperti diberitakan CNN, Selasa (11/11). 

Gereja Mormon, yang mempunyai nama resmi Gereja Yesus Kristus Malaikat Kudus Akhir Zaman, atau biasa disingkat sebagai Gereja LDS, secara resmi melarang pengikutnya untuk berpoligami sejak tahun 1890. Kala itu, warga AS yang berpoligami dianggap melanggar hukum, dapat dijebloskan ke dalam penjara serta seluruh asetnya dapat dibekukan.

Smith merupakan figur penting bagi aliran agama Mormon. Dia dipandang sebagai seorang nabi yang menerima wahyu khusus dari Tuhan. Namun, sejarah pernikahan Smith memang sering menjadi perdebatan.

Hingga saat ini para pemimpin Mormon telah bersikeras bahwa Smith, yang telah dianggap sebagai nabi dalam aliran agama Mormon, hanya memiliki satu istri.

Esai gereja tersebut mengungkapkan, Smith sebenarnya tidak mau menikah puluhan kali. Namun, menurut kepercayaan Mormon, malaikat yang menyampaikan wahyu kepada Smith, pada perkiraan tahun 1834 hingga 1843, meminta Smith melakukan hal tersebut, sehingga dia terpaksa menurutinya.

“Malaikat mendatangi Smith dengan pedang terhunus dan mengancam akan terjadi kehancuran jika Smith tak mematuhi perintahnya,” tulis esai tersebut. 

Menurut penafsiran gereja, Smith bukan satu-satunya nabi yang berpoligami. Tercantum di dalam Alkitab, nabi Ibrahim, atau Abraham, juga menikah beberapa kali. 

Esai gereja LDS juga mengungkapkan bahwa tindakan Smith ini tidak disukai oleh istri pertamanya, Emma. 

“Ini adalah siksaan yang berat bagi Emma,” tulis esai tersebut.

Smith menikahi istri keduanya, Fanny Alger, sekitar tahun 1830-an. Namun mereka kemudian berpisah. 

Gereja LDS juga mengungkapkan bahwa Emma Smith pernah menerima empat istri Smith untuk tinggal bersama di rumah mereka. Namun, Emma tak sepenuhnya mengetahui jumlah istri Smith. 

Meskipun Smith memiliki lebih dari 30 istri, Emma tak hidup bersama dengan para istrinya dan membangun rumah tangga. 

Sebagian besar pernikahannya adalah untuk tujuan “kehidupan di akhirat”. 

Sebagian besar istri Smith menikah dengannya ketika berusia 20 hingga 40 tahun. Namun, diantara istri Smith, ada juga wanita berusia 56 tahun dan bahkan 14 tahun, yang bernama Helen Mar Kimball.

“Saat ini, menikah pada usia semuda itu dianggap tak pantas. Namun pada era itu, beberapa wanita kawin pada usia remaja,” begitu tulis esai gereja Mormon. 

Gereja LDS menyatakan bahwa pernikahan Helen dengan Smith adalah untuk tujuan “kehidupan di akhirat” dan tidak melibatkan hubungan seksual.

“Sebagian besar anggota Mormon saat ini percaya kepada malaikat kudus akhir zaman yang juga berpoligami,” tulis esai tersebut. 

Juru bicara Gereja LDS Eric Hawkins, menyatakan, esai yang fenomenal ini merupakan satu pembahasan dari tiga pokok bahasan yang menjelaskan tentang Joseph Smith. 

Menurut seorang penulis yang memeluk keyakinan Mormon, Jana Riess, kabar bahwa Smith mempunyai begitu banyak istri telah mengguncang keimanan para pengikut aliran tersebut. Begitulah cara hidup pemimpin gereja Mormon yang bathil dan sesat itu. [jj/dbs/voa-islam.com]


http://www.voa-islam.com/read/christology/2014/11/13/33868/pemimpin-gereja-mormon-joseph-smith-beristri-40-perempuan/#sthash.6Ybb8E00.dpbs









http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2014/11/141111_majalah_mormon

KEPERCAYAAN MORMON

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20141111181332-134-10854/pendiri-gereja-mormon-nikahi-40-wanita/

Lihat juga  Kisah Penjual Cobek, Dipenjara Tanpa Dosa dan Merasakan Sulitnya Mencari Keadilan



 Pendiri sekte Mormon, aliran yang sejak dulu mengizinkan poligami, memiliki 40 orang istri termasuk yang baru berusia 14 tahun, demikian informasi dari gereja.

Joseph Smith (1805-1844) yang mendirikan gereja “Santo Hari Terakhir”, nama resmi gereja Mormon, oleh penganutnya dipandang sebagai nabi.

Gereja Mormon dalam esai di dunia maya bulan lalu mengatakan bahwa Smith diperkirakan memiliki antara 30-40 orang istri, beberapa di antaranya malah perempuan yang sudah menikah.

Harian The New York Times, pertamakali menyiarkan pengungkapan tersebut, Selasa, mengatakan bahwa Smith mungkin tidak melakukan hubungan badan dengan semua perempuan itu karena beberapa dari mereka “disegel” untuk kehidupan mendatang.

Esai Mormon mengatakan perempuan tertua yang disegel untuk Smith berusia 56 tahun dan yang termuda 14 tahun.

“Menikah dalam usia tersebut untuk masa kini tak memenuhi standar tetapi pada masanya dianggap sah,” demikian esai tersebut.

“Seorang malaikat menghampiri Smith tiga kali antara 1834 dan 1842 serta memerintahkannya untuk melakukan pernikahan jamak bila ingin maju ke depan.”

Dalam kunjungan ketiga, malaikan seharuskan akan membunuh Snmith dengan pedang bila ia mengabaikan permintah tersebut.

The Times mengatakan bahwa Smith sudah lama digambarkan sebagai pria yang setia terhadap istri pertamanya, Emma.

Laman resmi Mormon menyatakan bahwa untuk saat ini “poligami dilarang… sudah berlangsung selama seabad.”

Namun poligami merupakan bagian dari ajaran gereja itu selama hampir 50 tahun pada masa awal pendirian gereja.

Gereja Mormon menurunkan sejumlah esai dengan berbagai topik dalam beberapa bulan ini termasuk mengenai pencabutan larangan warga kulit hitam untuk menjadi pendeta pada 1978.

Pihak gereja mengaku memiliki 15 juta pengikut di seluruh dunia termasuk enam juta di Amerika Serikat.

Agama tersebut juga dikenal luas di dunia dengan ajarannya mengirim misionaris muda ke seluruh dunia.

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2014



https://www.antaranews.com/berita/463875/joseph-smith-pendiri-mormon-punya-istri-lebih-dari-40


Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

Lihat juga  Bersama 3 Istri, KH M Arifin Ilham Beberkan 10 Jurus Ampuh Keluarga Sakinah
republished by Yes Muslim –  Portal Muslim Terupdate ! 

Kisah NYATA : Pemimpin Gereja ini memiliki istri sampai 40 Orang Wanita
Sumber: YES MUSLIM – Portal Muslim Terupdate !