Home / News / Amerika Serikat Resmi Akui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

Amerika Serikat Resmi Akui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

Up-News – Amerika Serikat Resmi Akui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

WASHINGTON, muslimdaily.net – Pemerintah Amerika Serikat secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, demikian pernyataan Presiden Donald Trump pada hari Rabu meski hal ini ditentang oleh berbagai pihak di seluruh dunia.

Dia juga memerintahkan Kementrian Luar Negeri untuk persiapan pemindahan kedutaan Amerika dari Tel Aviv ke Yerusalem, yang diklaim oleh dimiliki orang Israel dan Palestina. Langkah ini diperkirakan akan memakan waktu beberapa tahun.

“Pengumuman saya hari ini menandai dimulainya sebuah pendekatan baru untuk konflik antara Israel dan Palestina,” kata Trump dalam sebuah pidato publik dari Ruang Penerimaan Diplomatik di Gedung Putih, demikian lansir worldbulletin.net.

“Tentu akan ada ketidaksepakatan dan perbedaan pendapat mengenai pengumuman ini , namun kami yakin pada akhirnya, saat kami mengatasi ketidaksepakatan ini, kami akan sampai pada tempat yang memiliki pemahaman dan kerjasama yang lebih baik,” katanya. “Ini tidak lebih dari sekadar pengakuan akan kenyataan.”

Lihat juga  Lagi, Penjajah Israel Pasang Kamera Pengintai Canggih di Pintu Masuk Al-Aqsha

Keputusan Trump mengubah kebijakan Amerika selama puluhan tahun, serta seluruh masyarakat internasional, kecuali Israel. Tidak ada negara yang memiliki kedutaan besarnya di Yerusalem. Hal ini juga cenderung menghalangi upaya untuk memulai kembali perundingan damai Israel-Palestina yang terhenti.

Pengumuman Trump tersebut memancing kecaman dari sekutu AS, dan reaksi keras dari para pemimpin Palestina dan dunia Islam. Setelah beberapa menit pengumuman Trump, kedutaan AS di Turki, Yordania, Jerman dan Inggris mengeluarkan peringatan keamanan yang mendesak orang Amerika untuk berhati-hati.

Lihat juga  GEN PENIPU SANG AYAH SEORANG PKI : Sebelum Didor Aidit Minta Rokok ke Eksekutor

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa kemungkinan akan bertemu pada hari Jumat untuk membahas langkah tersebut, setelah mendapat permintaan oleh delapan negara di badan yang beranggota 15 orang tersebut, termasuk Inggris, Italia dan Prancis.

Amerika Serikat Resmi Akui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel
Sumber: http://www.muslimdaily.net/berita/amerika-serikat-resmi-akui-yerusalem-sebagai-ibukota-israel.html