Home / Kabar / Ini Robot Ciptaan al-Jazari Di Era Kejayaan Islam Masa Khilafah

Ini Robot Ciptaan al-Jazari Di Era Kejayaan Islam Masa Khilafah

Up-News – Ini Robot Ciptaan al-Jazari Di Era Kejayaan Islam Masa Khilafah

Ini Robot Ciptaan al-Jazari Di Era Kejayaan Islam Masa Khilafah

Masa keemasan peradaban Islam telah menguasai teknologi yang sangat tinggi. Abad 13, dunia Islam sudah mengenal teknologi robot. Muslim insinyur di masa Khilafah sudah mampu menciptakan sebuah robot yang menyerupai manusia. Prestasi ini sekaligus mematahkahkan Barat klaim yang sering merujuk kepada Leonardo da Vinci sebagai perintis teknologi robot.

Secara khusus Mark E Rosheim menyimpulkan, kemajuan yang dicapai dunia Islam di era kejayaan dalam bidang robotika sebagai sebuah penemuan lebih maju dibandingkan zaman Yunani. ”Tak seperti desain Yunani, contoh robot yang diciptakan dunia Islam (Arab) mampu mengundang daya tarik. Tak hanya dalam ilusi dramatis, tetapi mampu menghadirkan lingkungan yang bisa membuat manusia lebih nyaman,” ungkap Rosheim.

Wow!:  Negara Dililit Utang, Kwik Kian Gie: Kondisi Indonesia Sangat Bahaya

Menurut Rosheim, robot ciptaan Al-Jazari itu merupakan salah satu kontribusi peradaban Islam yang sangat penting bagi teknologi. Menurut dia, robot yang diciptakan peradaban Islam di awal abad ke-13 M sudah berbentuk manusia robot dan mampu membantu manusia untuk tujuan praktis. Sayangnya, kata dia, robot itu tak diciptakan untuk kepentingan industri.

Lihat juga  Beredar Foto KKB Pakai Senjata Organik, Ini Penjelasan Mabes Polri menampik adanya pemasok senjata untuk diberikan kepada anggota KKB

Selain ”robot band”, Al-Jazari juga berhasil menciptakan sebuah robot pramusaji berbentuk manusia yang bertugas untuk menghidangkan air, teh, atau minuman lainnya. Minuman disimpan dalam sebuah tank dengan reservoir (penampung air). Dari penampung itu, air dialirkan ke dalam sebuah ember dan setelah tujuh menit mengalir ke sebuah cangkir. Setelah itu, robot itu mengeluarkan minumannya.

Wow!:  Reklamasi Jadi Rapor Merah Pemerintahan Jokowi-JK

Penemuan penting lainnya di era kejayaan Islam yang tak kalah menarik adalah pencuci tangan otomatis dengan mekanisme pengurasan. Mekanisme yang dikembangkan Al-Jazari itu, kini digunakan dalam sistem kerja toilet modern. Robot pencuci tangan otomatis itu berbentuk seorang wanita yang berdiri dengan sebuah baskom berisi air.

Lihat juga  PLN Bakal Hapus Golongan Listrik 4.400 VA ke Bawah

Ketika seorang pengguna menahan tuas, air akan mengering dan robot wanita itu akan kembali mengisi baskom dengan air. Robot lainnya yang dikembangkan Al-Jazari adalah air mancur burung merak. Robot ini berfungsi sebagai pengganti pembantu atau pelayan. Robot ini memudahkan orang saat membersihkan tangan, karena robot burung merak itu akan menawarkan sabut dan handuk secara otomatis.

Wow!:  Luhut: Tanpa Sawit Jutaan Petani Bakal Menganggur, Terorisme Subur

Robot lainnya yang diciptakan insinyur Muslim adalah burung merak otomatis yang bisa bergerak. Al-Jazari menggerakkan robot burung merak itu dengan tenaga air. Teknologi robot lainnya yang ditemukan Al-Jazari adalah pintu otomatis sebagai bagian dari salah satu jam air yang diciptakannya.

Republika.co.id, 23/11/2017

Sumber: Sehat Akal Suci Hati
Ini Robot Ciptaan al-Jazari Di Era Kejayaan Islam Masa Khilafah

Lihat juga  Negara Bangkrut, Jokowi Izinkan 5 Bandara dan 8 Pelabuhan Ditawarkan ke Asing
Shares