Home / News / Warga Palestina Peringati Pembantaian Kufur Qasem

Warga Palestina Peringati Pembantaian Kufur Qasem

Up-News – Warga Palestina Peringati Pembantaian Kufur Qasem

TEPI BARAT, muslimdaily.net – Warga Palestina yang berada di Israel melakukan pemogokan umum dan melakukan aksi demonstrasi di kota Kufur Qasem pada hari Ahad untuk memperingati pembantaian Kufur Qasem, ketika 48 orang terbunuh pada tahun 1956, demikian laporan worldbulletin.net.

Terdapat juga juga demonstrasi di Tepi Barat untuk menandai acara tersebut. Anggota parlemen dari keturunan Arab di parlemen Israel atau Knesset, juga mengikuti aksi peringatan dengan melambaikan bendera Palestina di masjid Abu Bakar al-Siddiq di Kufur Qasem.

Lihat juga  Menlu Turki Ucapkan Selamat pada Peringatan 29 Tahun Deklarasi Negara Palestina

Pembantaian Kufur Qasem terjadi di kota Kufur Qasem yang pada saat itu berada di perbatasan de facto antara Israel dan Tepi Barat Yordania pada tanggal 29 Oktober 1956.

Pembantaian tersebut dilakukan oleh Polisi Perbatasan Israel (Magav), yang membunuh warga sipil Arab yang kembali dari pekerjaan saat jam malam, diberlakukan pada hari sebelumnya pada malam perang Sinai yang tidak disadari oleh warga sipil Arab.

Sebanyak 48 orang meninggal, 19 di antaranya laki-laki, 6 perempuan dan 23 anak-anak berusia 8-17 tahun. Sumber Arab biasanya menyatakan korban tewas sebanyak 49, karena termasuk anak yang belum lahir dari salah satu wanita korban pembantaian polisi Israel tersebut.

Lihat juga  Usai Ditolak AS, Atlet Palestina Ikuti Marathon di Turki

Polisi perbatasan yang terlibat dalam penembakan tersebut diadili dan dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara, namun semua menerima pengampunan dan dibebaskan dalam setelah satu tahun.

Sumber: Muslimdaily.net
Warga Palestina Peringati Pembantaian Kufur Qasem