Home / News / Tim Peniliti Swedia Temukan Kata Allah pada Pakaian Bangsa Viking

Tim Peniliti Swedia Temukan Kata Allah pada Pakaian Bangsa Viking

Up-News – Tim Peniliti Swedia Temukan Kata Allah pada Pakaian Bangsa Viking

SWEDIA- Tim peneliti Swedia menemukan kata Allah, dalam huruf Arab yang terajut, pada pakaian jenazah bangsa Viking. Temuan itu memicu tanya mengenai potensi pengaruh Islam di kawasan Skandinavia, Eropa.

Sebelumnya, artefak yang sudah diamankan dan disimpan selama lebih dari 100 tahun itu dianggap sebagai pakaian jenazah bangsa Viking pada umumnya.

Namun, penyelidikan baru pada pakaian itu –yang ditemukan di pekuburan dari Abad ke-9 atau ke-10– menghasilkan sebuah terobosan baru bagi bidang sains-historis, khususnya terkait aspek kebudayaan Viking dan penyebaran Islam di dunia. Demikian seperti dilansir BBC, Kamis (12/10/2017) kemarin.

Lihat juga  Paspor Umrah Rekomendasi Kemenag, Hindari Praktik TKI Ilegal

Penyelidikan terbaru itu menemukan rajutan benang sutra dan perak yang menyusun kata ‘Allah’ dan ‘Ali’ dalam bahasa Arab.

Terobosan itu ditemukan oleh arkeolog yang ahli bidang artefak tekstil asal Swedia, Annika Larsson dari Uppsala University. Ia memeriksa kembali pakaian jenazah, baik laki-laki dan perempuan, dari pekuburan kuno Viking di Birka dan Gamla Uppsala –yang digali pertama kali pada Abad ke-19 atau pertengahan Abad ke-20.

Larsson tertarik pada salah satu fragmen kain artefak itu, setelah menyadari bahwa bahan penyusunnya berasal dari Asia tengah, Persia, dan China. Ia juga sadar bahwa desain geometris rajutan mungil itu –yang berukuran tak lebih dari 1,5 cm– tak seperti yang pernah dia temukan di Skandinavia sebelumnya.

Lihat juga  [VIDEO] Inilah Video Abu Janda Nggak Bisa Baca Potongan Ayat Al-Qur’an

“Awalnya, saya tak dapat memahami rajutan itu. Kemudian saya ingat di mana saya pernah melihat desain serupa, yaitu di Spanyol, pada tekstil bangsa Moor,” ujar Larsson.

Arkeolog itu lantas menyadari pola itu adalah kaligafi Arab Kufic dan ada dua kata yang terus berulang.

Kaligrafi Arab Kufic diketahui sebagai salah satu teknik penulisan pertama yang digunakan untuk naskah Alquran. []

Sumber: Islampos
Tim Peniliti Swedia Temukan Kata Allah pada Pakaian Bangsa Viking

Incoming search terms:

  • Tim peneliti Swedia menemukan kata Allah dan Ali dalam huruf Arab yang terajut pada pakaian jenazah bangsa Viking
Shares