Home / News / Terkait Taliban, Sekneg AS Adakan Pertemuan Mendadak dengan Presiden Afghanistan

Terkait Taliban, Sekneg AS Adakan Pertemuan Mendadak dengan Presiden Afghanistan

Up-News – Terkait Taliban, Sekneg AS Adakan Pertemuan Mendadak dengan Presiden Afghanistan

KABUL (Jurnalislam.com) – Sekretaris Negara Bagian AS Rex Tillerson melakukan perjalanan mendadak ke ibukota Kabul pada hari Senin (23/10/2017) dan bertemu dengan Presiden Mohammad Ashraf Ghani, Anadolu Agency melaporkan.

Tillerson dan Ghani menegaskan kembali komitmen AS-Afghanistan untuk mencapai perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran jangka panjang di Afghanistan, kata Kedutaan Besar AS dalam sebuah pernyataan resmi.

Pernyataan ini mengutip Tillerson yang mengatakan bahwa strategi AS yang baru untuk Asia Selatan memperjelas komitmen Amerika Serikat untuk bekerja dengan pemerintah Afghanistan dan dengan mitra di seluruh wilayah untuk mencapai pengamanan di Afghanistan dan menghancurkan tempat perlindungan bagi Taliban yang mengancam tujuan tersebut.

Lihat juga  Begini Ceramah Wakil PM Turki yang Bikin Warga Aceh Merinding

Menurut sebuah laporan Komando Pusat Pasukan Udara AS, pemerintahan Donald Trump menargetkan kelompok Taliban termasuk Kelompok Islamic State (IS) dengan 751 serangan udara pada bulan September saja.

Ini adalah indikasi yang jelas tentang meningkatnya serangan udara setelah pengumuman strategi perang baru untuk Afghanistan pada bulan Agustus.

Ghani, yang memuji strategi AS yang baru, meyakinkan Sekretaris Negara Menlu Tillerson bahwa rakyat dan pemerintah Afghanistan mendukung strategi baru AS yang berupaya menciptakan lingkungan yang terkendali dan untuk memastikan pengamanan dan stabilitas di Afghanistan, di wilayah sekitar dan dunia.

Lihat juga  UEA berencana serang Qatar dengan menggunakan tentara bayaran

“Saya bertanggung jawab kepada rakyat saya, dan sejalan dengan kebutuhan mereka, kami akan mengambil langkah bersama untuk memastikan keamanan dan keberhasilan strategi AS yang baru,” kata presiden dalam sebuah pertemuan sesuai dengan sebuah pernyataan yang dikeluarkan istana.

Ghani dan Tillerson dijadwalkan mengunjungi India, sekutu utama AS untuk strategi baru di Afghanistan, pada hari Selasa (24/10/2017).

Sumber: Jurnal Islam
Terkait Taliban, Sekneg AS Adakan Pertemuan Mendadak dengan Presiden Afghanistan