Home / News / Soal Kata ‘Pribumi’, JK: Anies Bicara Dalam Konteks Kolonial

Soal Kata ‘Pribumi’, JK: Anies Bicara Dalam Konteks Kolonial

Up-News – Soal Kata ‘Pribumi’, JK: Anies Bicara Dalam Konteks Kolonial

JAKARTA—Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut penggunaan kata “pribumi” oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam pidato perdananya di Balai Kota DKI, Senin (16/10/2017) tidak salah.

JK menilai, konteks pernyataan Anies tentang pribumi, adalah masa lalu Jakarta yang merupakan kota di mana kolonialisme yang dilakukan penjajah begitu terasa.

“Dia bicara dalam konteks kolonial. Karena itu, kita harus bangkit. Kan tidak salah kalau dia mau bicara kalau konteksnya seperti itu,” ujar JK di Kantor Wakil Presiden di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (17/10/2017).

Lihat juga  Pandangan GEOPOLITIK Anis Matta Terkait Arogansi AS-Trump Menjadikan Yerusalem Ibu Kota Israel

JK menyampaikan, jika dicermati, pidato Anies yang durasinya cukup panjang itu juga menekankan tentang tekad pemerintahan Anies-Sandi menegakkan keadilan sosial tanpa membedakan golongan.

ir pos

JK mengimbau pidato itu seharusnya dicermati secara lengkap, berikut konteksnya, tidak hanya pada kalimat yang memuat kata pribumi saja.

“Dia bicara dalam konteks sejarah. Kalian bisa dengar ulang. Pada zaman kolonial, pribumi terpuruk. Sekarang jangan lagi, harus maju. Jadi dia bicara konteks sejarah, tidak bicara konteks diskriminatif,” ujar JK dikutip dari Vivanews. []

Lihat juga  Video: Insiden Memalukan bagi Tentara Zionis Israel! Tak Mampu Mendobrak Sebuah Pintu dalam Upaya Penyergapan di Palestina

Sumber: Islampos
Soal Kata ‘Pribumi’, JK: Anies Bicara Dalam Konteks Kolonial