Home / News / Qatar menyiapkan investasi 20 miliar dolar di Turki pada 2018

Qatar menyiapkan investasi 20 miliar dolar di Turki pada 2018

Up-News – Qatar menyiapkan investasi 20 miliar dolar di Turki pada 2018

Investasi Qatar di Turki diperkirakan mencapai $ 20 miliar tahun depan, menjadikan Turki sebagai salah satu dari lima tujuan investasi asing Qatar

Qatar sedang bersiap untuk melakukan investasi terbesarnya di Turki pada 2018 karena telah menjadi salah satu tujuan utama mancanegara untuk negara Teluk, menginvestasikan $ 18 miliar sampai saat ini di berbagai sektor di seluruh negeri.

Qatar telah memberikan lampu hijau untuk investasi 19 miliar dolar di Turki pada 2018, dengan $ 15 miliar diinvestasikan oleh Otoritas Investasi Qatar dan sisanya $ 4 miliar akan menjadi investasi langsung oleh Q Invest, dana Qatar lainnya, yang akan menargetkan sektor seperti energi, telekomunikasi, pariwisata, makanan, kesehatan, asuransi, pertahanan, perbankan dan galangan kapal.

Dengan mempertimbangkan investasi yang akan datang dari dana swasta, investasi Qatar di Turki diperkirakan mencapai $ 20 miliar tahun depan, menjadikan Turki sebagai salah satu dari lima besar tujuan investasi asing Qatar.

Kenaikan 50 persen

Qatar telah mengalokasikan dana investasi sebesar $ 10 miliar untuk Turki pada 2018, menurut Erdin Özel, kepala Platform Ekonomi Timur Tengah.

Lihat juga  Innalillahi, Hendak Antar Tetangga ke Rumah Sakit, Mobil Dilempar Batu, 1 Korban Meninggal Dunia

“Setelah solidaritas ditunjukkan oleh Turki dalam embargo, Emir Qatar Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani telah memutuskan untuk meningkatkan investasi di Turki,” kata Özel, mencatat bahwa “Qatar menganggap Turki sebagai tempat yang aman, dan pernyataan yang dibuat oleh Dana Moneter Internasional (IMF) dalam hal ini memiliki dampak signifikan terhadap keputusan tersebut. ”

Arab Saudi, UEA, Bahrain, bersama dengan Mesir, memotong hubungan diplomatik dan transportasi dengan Qatar pada 4 Juni, menuduh Doha mendukung “ekstremisme” dan sekutu regional mereka Iran – tuduhan yang telah berkali-kali dibantah Qatar.

Lion’s Share (bagian terbesar) masuk ke energi

Pembangkit listrik termal akan menjadi target utama investasi energi, menurut Özel, yang mencatat bahwa “pertemuan sedang berlangsung di dua hotel di Istanbul untuk investasi 1 miliar dolar.”

Proyek yang bertujuan membangun rumah sakit kota adalah target kedua investasi Qatar. Rapat juga diadakan dengan produsen kapal Ro-Ro.

Menurut Özel, setiap sektor diawasi ketat oleh Qatar, mencatat bahwa perusahaan Turki tidak cukup proaktif dalam hal ini.

“Turki perlu lebih proaktif untuk mengamankan investasi. Tidak perlu menunggu referensi. Menjadi orang Turki sudah menjadi referensi besar, “lanjut Özel.

Lihat juga  UEA berencana serang Qatar dengan menggunakan tentara bayaran

$ 650 juta diinvestasikan di sektor bahan pangan

Setelah embargo, kekhawatiran terbesar Qatar tetap berada di sektor makanan, menurut Özel, mengingat keputusan Qatar untuk memperluas investasinya di bidang ini.

Özel mencatat bahwa monarki Teluk kecil menganggap Turki sebagai mitra strategis di bidang ini, “Pada tahun 2018, perusahaan investasi pertanian Qatar Hassad Food akan menginvestasikan $ 650 juta untuk pertanian dan peternakan,” pungkasnya.

Dana besar di Istanbul

Pekerjaan berjalan dengan kecepatan penuh untuk pembentukan Zona Industri Terorganisir (OIZ) di Qatar. Pembangunan zona seperti itu akan diberikan kepada perusahaan-perusahaan Turki, menurut Özel.

“Pembentukan OIZ akan memberi perusahaan Turki dana sebesar $ 2,5 miliar,” kata Özel.

Menurut sebuah laporan oleh Daily Sabah di Turki, The International Investment Summit yang diselenggarakan oleh Middle East Economy Platform akan diadakan untuk kedua kalinya di Istanbul pada bulan April 2018, yang akan menarik dana besar dari negara-negara Teluk.

Volume perdagangan Turki-Qatar mencapai $ 834,5 juta

Seiring dengan meningkatnya krisis Teluk selama musim panas ini, Menteri Ekonomi Nihat Zeybekci, menjawab pertanyaan-pertanyaan Qatar terkait para anggota parlemen.

Lihat juga  Menteri Pertahanan Turki Kunjungi Qatar Bahas Kerja Sama Militer

Zeybekci mencatat bahwa ada 121 perusahaan modal Qatar yang beroperasi di Turki, dengan modal gabungan TL 5 miliar.

Zeybekci mengumumkan bahwa antara Juli 2002 dan Juli 2017, investasi langsung dari Qatar di Turki mencapai $ 1,5 miliar.

Zeybekci menyatakan bahwa Qatar berada di peringkat 19 di antara negara-negara asing yang berinvestasi di Turki, mencatat bahwa volume perdagangan antara kedua negara mencapai $ 834,5 juta pada tahun 2016, sementara angka tersebut diperkirakan mencapai $ 634 juta dalam delapan bulan pertama tahun 2017 saja.

“Pada 2016, negara kita berada di peringkat 25 dalam ekspor ke Qatar sebesar 0,5 persen, sementara Turki berada di urutan ke-14 dalam impor, dengan pangsa dua persen,” Zeybekci menyimpulkan.

Yeni Safak DVD MURATTAL

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the “Biographical Info” field in the user admin panel.

Sumber: Muslimina
Qatar menyiapkan investasi 20 miliar dolar di Turki pada 2018