Home / News / Pasukan Irak Temukan Kuburan Massal Bekas Eksekusi IS di Kirkuk

Pasukan Irak Temukan Kuburan Massal Bekas Eksekusi IS di Kirkuk

Up-News – Pasukan Irak Temukan Kuburan Massal Bekas Eksekusi IS di Kirkuk

BAGHDAD (Jurnalislam.com) – Pasukan Irak telah menemukan sebuah kuburan massal – yang tampaknya berisi sisa-sisa tentara yang tewas dan personil polisi – di provinsi Kirkuk utara, kata Kementerian Pertahanan Irak pada hari Sabtu (28/10/3017).

“Sebuah kuburan massal ditemukan yang tampaknya berisi tulang belulang 50 personil tentara dan polisi yang dibunuh oleh kelompok Islamic State (IS) di desa Al-Bakara di distrik Hawija Kirkuk,” kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan.

Lihat juga  Turki Tegaskan Dukungannya Pada Pemerintah Irak dan Tolak Hasil Referendum Kurdistan

“Kuburan akan digali – dan jenazah akan diperiksa – sesuai dengan prosedur hukum yang benar,” tambahnya.

Awal tahun ini, sumber-sumber militer mengatakan pasukan keamanan telah menemukan dua kuburan massal yang berisi sisa-sisa jenazah belasan anggota tentara Irak dan polisi yang telah dibunuh oleh IS di Hawija.

Pada 8 Oktober, pasukan Irak mengumumkan perebuttan kembali Hawija, yang merupakan salah satu benteng terakhir kelompok IS yang tersisa di negara tersebut.

Hamed al-Obaidi, seorang kapten polisi Kirkuk, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pasukan keamanan telah ditugaskan untuk menyelidiki kuburan massal yang ditemukan di distrik tersebut.

Lihat juga  Terbongkar, Proyek Penafsir Tunggal Pancasila Rezim Jokowi Rp 2 Triliun!

Menurut al-Obaidi, nasib “puluhan” personil militer Irak tetap tidak diketahui sejak pertengahan 2014, ketika IS menguasai wilayah yang luas di Irak dan Suriah.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, IS telah mengalami serangkaian kekalahan besar di tangan militer Irak dan koalisi pimpinan agresor AS.

Pada bulan Agustus, kelompok tersebut kehilangan Tal Afar di provinsi Nineveh utara Irak. Dan satu bulan sebelumnya, kota Mosul – yang pernah menjadi ibukota “khilafah” versi IS yang memproklamirkan diri sendiri – jatuh ke tangan Irak setelah pengepungan sembilan bulan.

Lihat juga  Saat mantan Panglima TNI bercerita kehidupan menjadi petani: “Saya punya pasukan antiteror”

Sumber: Jurnal Islam
Pasukan Irak Temukan Kuburan Massal Bekas Eksekusi IS di Kirkuk