Home / News / Pasukan Irak Rebut Kendali di Perbatasan Suriah dari Kurdi

Pasukan Irak Rebut Kendali di Perbatasan Suriah dari Kurdi

Up-News – Pasukan Irak Rebut Kendali di Perbatasan Suriah dari Kurdi

NINEVEH (Jurnalislam.com) – Pasukan pemerintah Irak pada hari Rabu (18/10/2017) mengambil alih kendali wilayah strategis yang bersimpangan dengan Suriah, menurut sumber militer Irak.

Berbicara kepada Anadolu Agency, Mayor Angkatan Darat Mohamed al-Omari mengatakan bahwa pasukan telah mengibarkan bendera Irak di persimpangan perbatasan Rabia yang menghubungkan kota Rabia di provinsi Nineveh, Irak barat laut, dengan kota Al-Yarubiyah di negara tetangga Suriah.

Lihat juga  Kerap Menyebarkan Kebencian dan Hoax, PP Pemuda Muhammadiyah Laporkan Situs Seword ke Kemkominfo

“Kondisi keamanan di kota Rabia sekarang stabil,” kata al-Omari, namun ia mencatat bahwa pasukan Peshmerga yang setia kepada Pemerintah Daerah Kurdi Irak utara masih ditempatkan di sekitarnya.

“Pasukan militer Irak telah diinstruksikan untuk membawa daerah tersebut kembali di bawah kendali pemerintah pusat di Baghdad,” tambahnya.

Pasukan Peshmerga Kurdi mengambil alih kendali setelah kelompok Islamic State (IS) menguasai wilayah terluas di Irak utara dan barat pada pertengahan 2014. Awal pekan ini, pasukan Irak mengamankan provinsi Kirkuk Irak yang kaya minyak setelah penarikan pasukan Peshmerga.

Lihat juga  Dianggap Gagal Tangani Konflik Rohingya, Nama Suu Kyi Dihapus dari Almamaternya

Pergerakan tersebut terjadi di tengah ketegangan yang terus meningkat antara Baghdad dan KRG yang berbasis di Erbil setelah referendum tidak sah mengenai kemerdekaan regional bulan lalu.

Pada 25 September, warga Irak di daerah kekuasaan KRG (Kurdish Regional Government) – dan di beberapa daerah yang diperdebatkan antara Baghdad dan Erbil – memilih apakah akan mengumumkan otonomi politik penuh dari Irak atau tidak.

Menurut hasil jajak pendapat yang diumumkan oleh KRG, hampir 93 persen dari mereka yang hadir memberikan suara untuk memilih kemerdekaan.

Lihat juga  Ini Hal Mengerikan yang Bisa Terjadi Jika PKI Menunda Pemberontakannya Lima Tahun

Referendum menghadapi tentangan tajam dari sebagian besar kekuatan regional dan internasional, yang telah memperingatkan bahwa jajak pendapat tersebut akan mengalihkan perhatian dari perang Irak melawan IS dan selanjutnya mengguncang daerah yang sudah stabil.

Sumber: Jurnal Islam
Pasukan Irak Rebut Kendali di Perbatasan Suriah dari Kurdi