Home / News / Mengapa Wanita Diberi Masa Nifas?

Mengapa Wanita Diberi Masa Nifas?

Up-News – Mengapa Wanita Diberi Masa Nifas?

WANITA merupakan makhluk yang paling dimuliakan oleh Allah dan Rasul-Nya. Bahkan, kehormatannya begitu dijaga melalui firman-Nya dan sunnah Rasulullah. Hal ini membuktikan bahwa kasih sayang Allah kepada seorang wanita begitu besar, bukan berarti Allah tidak sayang pada laki-laki ya! Tapi, Allah menyediakan jalan terindah lain khusus bagi wanita dalam menuju Jannahnya.

Salah satu yang menjadi kodrat seorang wanita ialah mengandung dan melahirkan. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan oleh kaum laki-laki. Inilah bukti dari kekuatan yang dimiliki oleh wanita. Ketika lahir pun, Allah memberikan masa nifas kurang lebih selama 40 hari. Pada saat itulah wanita diberi kebebasan untuk tidak melakukan ritual ibadah kepada Allah dan tidak pula diberi kewajiban untuk melayani suami.

Lihat juga  Astagfirullah, Video Makam Wanita Ini Keluarkan Darah Dan Bau Amis, Warga Yakin Ini Siksa Alam Kubur

Hanya saja, banyak wanita yang menganggap bahwa hal itu tidaklah adil. Karena mereka beranggapan bahwa waktu mereka untuk beribadah menjadi semakin berkurang. Tidak bisa pull seperti laki-laki yang tiada henti melakukan ibadah ritual kepada Allah. Lalu, apa ya alasan di balik pemberian masa nifas itu?

Wahai kaum hawa, Allah memberikan masa tersebut tidaklah cuma-cuma. Ternyata, ada hal lain yang lebih menguntungkan bagi Anda. Apakah itu?

Ketika Anda melahirkan, buah hati Anda tentu berada di tangan Anda, karena Andalah yang mampu memberikan makanan padanya, melalui asi yang diberikan oleh Allah SWT kepada Anda. Pada saat anak baru lahir hingga sampai pada 40 hari, merupakan kesempatan bagi buah hati Anda. Maka, itulah saat yang tepat untuk membangun kepercayaan anak pada Anda.

Allah memberikan masa nifas, agar Anda lebih fokus kepada buah hati Anda. Anda harus bisa memanfaatkan waktu itu dengan terus bersamanya. Ketika Anda selalu bersamanya, buatlah dia mempercayai Anda.

Ketika bayi masih berada dalam kandungan, ia merasa nyaman, tenang dan aman, karena makanan yang ia dapat begitu mudah, yakni melalui plasenta, sehingga apa yang Anda makan, sari-sarinya juga sampai pada janin.

Setelah ia terlahir ke dunia, tentu ia akan menangis. Pada saat menangis itulah Anda harus mengerti apa yang ia inginkan. Anda harus mampu mencari tahu akan hal itu. Jika tidak, Anda telah melepaskan kesempatan Anda untuk membangun kepercayaan pada anak. Sehingga, anak akan beranggapan bahwa dunia ini tidaklah aman baginya. Dan hal ini akan mempengaruhi tumbuh kembang anak tersebut. Oleh sebab itu, berilah apa yang ia butuhkan ketika terlahir ke dunia, agar ia merasa aman karena ternyata ada orang yang mengerti kebutuhannya.

Lihat juga  Raja Salman Dukung Strategi Baru Trump Lawan Iran

Jadi, sebagai seorang wanita yang berperan sebagai ibu, ketika Allah memberikan masa nifas itu gunakanlah sebaik mungkin untuk membangun kepercayaan pada anak. Anak akan percaya pada Anda, jika Anda mengerti apa yang ia butuhkan. Tak lupa pendidikan paling utama itu ada di tangan Anda. Sehingga, seringlah melakukan komunikasi dengannya, dan berikan sentuhan yang membuatnya nyaman dengan Anda. []

Sumber: Disarikan dari Widianingsih, M.Ag, Pengisi rubrik Me and The Children di Islampos

Sumber: Islampos
Mengapa Wanita Diberi Masa Nifas?