Home / News / Melek Sejarah, Begini Sambutan Anies di Hari Santri Nasional

Melek Sejarah, Begini Sambutan Anies di Hari Santri Nasional

Up-News – Melek Sejarah, Begini Sambutan Anies di Hari Santri Nasional

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ilustrasi)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan di Hari Santri Nasional dalam acara 1 Miliar Shalawat di Masjid Agung KH Hasyim Asyhari Jakarta Barat, Sabtu (22/10/17). Dengan bangga, Anies menyampaikan peran-peran para santri dan kiyai dalam menggapai kemerdekaan Bangsa Indonesia.

“Selamat hari santri. Kita tahu ini adalah bagian dari peringatan, perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan, meraih kemerdekaan itu dilalui lewat ikhtiar yang luar biasa,” kata Anies di Masjid Raya KH Hasyim Asyari, Sabtu (21/10/2017) seperti dilansir detik.
Kala itu, pendiri Nahdhatul Ulama KH Hasyim Asyhari menyerukan fatwa jihad hingga ribuan bahkan puluhan ribu kaum Muslimin memberikan semua yang dimiliki untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia.
“Puluhan ribu orang menghibahkan tenaganya, pikirannya bahkan menghibahkan nyawanya untuk mempertahankan kemerdekaan. Itu semua kita kenang dengan heroisme yang terjadi di Surabaya tapi di balik itu ada sebuah gerakan yang massal,” lanjut Anies. 

Anies juga menyampaikan, sejarah perjuangan ini hendaknya digunakan sebagai penyemangat bagi generasi muda, bahwa kemerdekaan bukanlah pemberian, melainkan pencapaian yang besar.
“Kita memperingati untuk kembali menyadari bahwa republik ini tidak didirikan dengan gratis tapi didirikan lewat hibah, hibah nyawa, hibah tenaga, darah, air mata dari puluhan ribu, ratusan ribu. Di situ peran para santri luar biasa. Insyaallah ke depan kami semua bisa terus meneruskan perjuangannya dan khusus para santri di Jakarta Insyaallah kita sama-sama majukan Jakarta,” tegas Anies.
Pemprov DKI, menurut Anies, juga akan terus mendukung pendidikan-pendidikan keagamaan seperti madrasah, dan sejenisnya. Sebab lembaga pendidikan semacam itu sudah ada sejak sebelum bangsa ini merdeka. [Mbah Pirman/Tarbawia]


Sumber: Tarbawia
Melek Sejarah, Begini Sambutan Anies di Hari Santri Nasional
Lihat juga  Terhindar dari Adzab Allah, Inilah yang Melindunginya