Home / Kabar / Luhut Janjikan Satu Pulau Reklamasi untuk Kampung Nelayan

Luhut Janjikan Satu Pulau Reklamasi untuk Kampung Nelayan

Up-News – Luhut Janjikan Satu Pulau Reklamasi untuk Kampung Nelayan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan satu dari belasan pulau hasil reklamasi di Pesisir Utara Jakarta bisa diperuntukkan bagi nelayan. Dalam hal ini, pulau itu akan dijadikan khusus sebagai perkampungan nelayan.

“Ya bisa saja nanti salah satu pulau untuk kampung nelayan,” kata Luhut di Kantornya, Selasa (17/20).

Pulau reklamasi di Pesisir Utara Jakarta sendiri rencananya akan terdiri dari 17 pulau, dari A hingga L. Saat ini yang sudah dibangun adalah Pulau C, Pulau D, dan Pulau G yang pembangunannya baru setengah rampung.

Baca Juga  Ngerinya Kekuatan Perrpu Ormas, Bahkan Ormas Pendukung UUD 45 Asli Bisa Dibubarkan

Selama ini, Luhut mengakui memang banyak kontroversi terkait pembangunan pulau reklamasi itu. Kebanyakan mereka yang tidak setuju mempertanyakan tata letak serta alur layar nelayan jika pulau-pulau itu sudah resmi berdiri.

Lihat juga  Jangan Sampai Jokowi Bajak Dana Desa untuk Alat Politik

“Kami sudah bicarakan soal itu, bisa saja kami berikan satu pulau itu buat nelayan. Nanti diatur pemprov atau pemerintah pusat bilang ke pengembangnya,” kata dia.

Pulau A dan H

Hal sama diutarakan Deputi tiga Bidang Infrastruktur Kemenko Maritim, Ridwan Djamaluddin. Dia menyebut ada beberapa pulau yang sempat dibicarakan untuk dijadikan pulau khusus nelayan.

“Iya ada Pulau A dan Pulau H,” kata dia.

Baca Juga  Luar Biasa, Polisi Miliki Senjata Mematikan yang TNI tak Punya

Lihat juga: Anies: Pengelolaan Teluk dan Pulau Bukan untuk Satu Korporasi

Lihat juga  32 Hand Pump untuk Pengungsi Rohingya

Pulau H sendiri memang berada dekat dengan pelabuhan Muara Baru. Kementerian Kelautan dan Perikanan pun sempat membicarakan terkait pulau ini.

KKP yang hendak membuat pelabuhan perikanan terbesar di Muara Baru itu menyebut jika nanti lahan yang digunakan tidak cukup, maka Pulau H bisa menjadi solusi.

“Iya kan dekat itu, gampang saja. Untuk nelayan semua sudah kita pikirkan. Tak benar kalau ada yang bilang kita tidak peduli sama nelayan. Justru mereka ini yang pertama kita pikirkan,” kata Ridwan.

Baca Juga  Dokter Saudi: “Gadis Ini Harus Hidup dengan Peluru di Tubuhnya”

Sementara itu, untuk Pulau A, jika pembangunannya telah selesai, maka pulau ini akan berdiri di luar provinsi Jakarta. Pulau itu akan masuk kawasan Tangerang Selatan. Saat ini pengembang yang bertugas memegang Pulau A adalah PT Kapuk Naga Indah (KNI).

Lihat juga  Haram Bagi Suami Untuk Mencari-cari Aib Istrinya

Menurut Ridwan, meskipun pemilik Pulau A adalah pengembang, namun bukan perkara sulit jika wacana Pulau A untuk perkampungan nelayan akan direalisasi. Sebab akan selalu ada solusi untuk merealisasikan.

“Bisa dibeli, mau pemprov atau pemerintah pusat. Itu bukan masalah, sudah mudah itu,” kata dia. (osc)

(cnnindonesia, 17/10/2017)

Sumber: Sehat Akal Suci Hati
Luhut Janjikan Satu Pulau Reklamasi untuk Kampung Nelayan