Home / News / Keamanan Irak: Kantor Turkmenistan di Kirkuk Ludes Dibakar

Keamanan Irak: Kantor Turkmenistan di Kirkuk Ludes Dibakar

Up-News – Keamanan Irak: Kantor Turkmenistan di Kirkuk Ludes Dibakar

BAGHDAD (Jurnalislam.com) – Kantor Turkmenistan Turkmen Front (ITF) di Kirkuk dibakar oleh penyerang yang tidak dikenal Kamis pagi (19/10/2017), menurut sumber keamanan Irak.

“Orang-orang tak dikenal membakar kantor ITF di Altun Kubri Kirkuk pada hari Kamis pagi,” Kapten Polisi Kirkuk Hamed al-Obeidi mengatakan kepada Anadolu Agency.

“Seluruh bangunan itu terbakar habis,” katanya.

Petugas pemadam kebakaran akhirnya berhasil memadamkan api dan mencegahnya menyebar ke bangunan-bangunan di dekatnya, al-Obeidi menambahkan.

Lihat juga  Antara Penghayat Kepercayaan, Pemerintah, MK dan Persidangan yang tak Lazim

Pada hari Senin, pasukan militer Irak merebut kendali atas provinsi Kirkuk, di mana kota Kirkuk adalah ibukota regional, menyusul mundurnya pasukan Peshmerga Kurdi yang setia kepada Pemerintah Daerah Kurdi (Kurdish Regional Government-KRG) di Irak utara.

Operasi tersebut – yang juga menyebarkan tentara Irak di wilayah-wilayah lain yang disengketakan di negara tersebut – terjadi setelah referendum tidak sah 25 September di distrik regional Kurdi.

Pasukan Peshmerga memanfaatkan Kirkuk yang kaya minyak, yang berada di luar wilayah otonomi semi-otonomi Irak, setelah kelompok Islamic State (IS) menguasai wilayah yang luas di wilayah utara dan barat negara itu pada pertengahan 2014.

Lihat juga  Larang Cadar, UIN Kalijaga Langgar HAM dan Coba Mengaitkan dengan Teroris

Sumber: Jurnal Islam
Keamanan Irak: Kantor Turkmenistan di Kirkuk Ludes Dibakar