Home / News / Ini Tanggapan Syeikh al Maqdisi atas Orang yang Mengkafirkan Koordinasi HTS dan Turki

Ini Tanggapan Syeikh al Maqdisi atas Orang yang Mengkafirkan Koordinasi HTS dan Turki

Up-News – Ini Tanggapan Syeikh al Maqdisi atas Orang yang Mengkafirkan Koordinasi HTS dan Turki

JURNALISLAM.COM – Melihat perkembangan cepat situasi politik pada konflik di Suriah, salah satunya koordinasinya Hayyat Tahrir al Sham (HTS) dengan militer Turki di Idlib, sebuah manuver politik yang tidak diduga bagi para pengamat, dan aktivis, sehingga membuat tidak sedikit orang yang mulai tergesa-gesa mengkafirkan HTS karena kerjasama tersebut.

Menyikapi fenomena itu, Ulama jihadis, Syeikh Abu Muhammad al Maqdisi pun lansung memberikan nasihat yang diunggah dalam akun Telegramnya, Ahad (15/10/2017), yaitu sebagai berikut:

Syeikh Abu Muhammad Al Maqdisi:

Saudaraku yang terkasih,

Saran dari orang yang sayang dan prihatin dengan Jihad dan para Mujahidin.

Singkatnya dan terus terang saya katakan kepada anda (kalian):

Lihat juga  Sebelum Menikahkan, Ini Hukum-Hukum yang Harus Diperhatikan Para Wali

Setelah melihat perkembangan terakhir yang terjadi antara HTS dan Turki, saya mendapat informasi bahwa beberapa pemuda telah tergesa-gesa memulai secara terbuka mengkafirkan HTS ..! Ini adalah kesalahan mengerikan yang akan menyebabkan perselisihan antara mujahidin, dan itulah yang diinginkan oleh musuh Islam. Hal ini tidak diperbolehkan untuk tiba-tiba memvonis kafir (takfir) karena kesalahan dalam ijtihad (yang merupakan keputusan yang dibuat setelah beberapa penyelidikan).

Juga tidak diperbolehkan memvonis kafir (takfir) hanya berdasarkan hasil atau konsekuensi dari ucapan dan tindakan yang terlihat tanpa diselidiki terlebih dahulu…!

Adalah hak Anda untuk menunjukkan kesalahan HTS mengenai masalah yang jelas dan Anda dapat menanggapi mereka dengan aturan agama beserta bukti, dengan berpegang pada sopan santun dan kaidah yang benar.

Sedangkan untuk hasutan di masa-masa sulit ini, ini adalah sebuah kejahatan dan membuka pintu keburukan lain, fitnah dan darah di antara para mujahidin.

Kami telah mengatakannya berkali-kali, bahwa mereka yang mencari kesempurnaan, kemurnian dan kedudukan seperti malaikat dalam kancah jihad, maka orang akan tetap tinggal di rumah mereka dan tidak pernah melakukan Jihad selamanya.

Anda memiliki hak untuk berbeda dengan HTS dan boleh mengikuti golongan mana pun yang Anda anggap paling dekat dengan kebenaran; atau bahkan untuk membentuk faksi yang sempurna. Semua ini adalah hak Anda yang tidak akan kami tolak.

Sedangkan untuk hasutan yang Anda lakukan terhadap HTS di masa sulit ini, itu adalah sebuah kesalahan besar dan Fitnah besar yang apinya akan membakar semua mujahidin.

Allah Swt berfirman:

“Dan peliharalah dirimu daripada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang dzalim saja di antara kamu (tapi bisa menimpa semua orang baik dan orang jahat), Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya”. (Qs 8:25)

Sumber: Jurnal Islam
Ini Tanggapan Syeikh al Maqdisi atas Orang yang Mengkafirkan Koordinasi HTS dan Turki

Lihat juga  Dilaporkan Atas Dugaan Pemalsuan Surat, Wakil Ketua KPK: Saya Siap Beri Keterangan