Home / News / Indonesia Tuan Rumah Pertemuan Para Menteri Agama Brunei Malaysia dan Singapura Ke-42

Indonesia Tuan Rumah Pertemuan Para Menteri Agama Brunei Malaysia dan Singapura Ke-42

Up-News – Indonesia Tuan Rumah Pertemuan Para Menteri Agama Brunei Malaysia dan Singapura Ke-42

Jakarta (gemaislam) – Indonesia menjadi tuan rumah Senior Official Meeting (SOM) Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) Ke-42. SOM MABIMS merupakan pertemuan yang diikuti para pejabat setingkat Sekretaris Jenderal dari empat negara anggota MABIMS.

Kegiatan tahunan yang sebelumnya dilaksanakan di Kuala Lumpur, tahun ini akan dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 25 – 28 Oktober 2017. Kepala Biro Hukum dan KLN Gunaryo melaporkan bahwa SOM MABIMS kali ini akan mengusung tema ‘Penanggulangan Ekstremisme Melalui Teknologi Informasi’. Hal ini diungkapkan Gunaryo kepada Sekjen Nur Syam dalam Rapat Persiapan SOM MABIMS ke 42 di Jakarta, Selasa (24/10).

Dalam SOM MABIMS ke-42 selain akan dilakukan Pembentangan Kertas Tema “Penanggulangan Extrimisme Melalui Teknologi Informasi” juga akan dilakukan Pembentangan Laporan Bidang Kerjasama terkait sejumlah bidang: “Memperkasa Kehidupan Beragama” oleh  Negara Brunei Darussalam; “Membangun Potensi Belia” oleh Negara Indonesia; serta “Meningkatkan Taraf Hidup Umat Islam Yang Memerlukan” oleh Negara Malaysia.

Lihat juga  Enam Alasan Fraksi PKS Tolak Perppu Ormas

Karo Hukum dan KLN Gunaryo juga melaporkan bahwa dalam forum SOM MABIMS ke-42 akan dipaparkan sejumlah makalah dengan tema, antara lain: Meningkatkan Modal Insan Umat Islam, Memperluas Peranan MABIMS ke Dunia Luar, Menyelaras Rukyah dan takwim Islam, Memperkasa Penyelarasan Halal MABIMS.

Dalam kesempatan tersebut Sekjen Nur Syam berpesan kepada panitia penyelenggara SOM MABIMS ke-42 untuk memberikan kesan yang baik kepada para delegasi SOM MABIMS. “Satu hal yang ingin saya tekankan, berikan mereka kesan yang baik, bahwa SOM di Indonesia sukses. Oleh karena itu keterlibatan fisik dan spiritual menjadi penting,” ujar Sekjen.

Delegasi SOM Indonesia, akan diwakili oleh Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Direktur Jenderal Bimas Islam, Kabalitbang dan Diklat, Kepala BPJPH. Akn ikuut juga, Kepala Biro Keuangan dan BMN, Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Kepala Biro Hukum dan KLN, serta Kakanwil Kementerian Agama Provinsi DIY dan Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri.

Lihat juga  Main Mata SAUDI-TRUMP Gadaikan Al-Quds ?

Sedangkan Delegasi SOM Brunei Darussalam, antara lain : Setiausaha Tetap Kementerian Hal Ehwal Ugama; Pegawai Tugas-Tugas Khas Tingkat I, Ketua Bahagian Antarbangsa dan MABIMS Kementerian Hal Ehwal Ugama, Pegawai Pelajaran Bahagian Antarbangsa dan MABIMS Kementerian Hal Ehwal Ugama.

Delegasi SOM Malaysia, terdiri dari: Ketua Pengarah Jabatan Kemajuan Islam, Timbalan Ketua Pengarah (Dasar) Jabatan Kemajuan Islam, Pengarah Bahagian Perancangan dan Penyelidikan Jabatan Kemajuan Islam, Ketua Sekretariat MABIMS Malaysia Bahagian Perhubungan Jabatan Kemajuan Islam, Sekretariat MABIMS Malaysia Bahagian Perhubungan Jabatan Kemajuan Islam, dan beberapa utusan dari jawatan lainnya.

Sedangkan Delegasi SOM Singapura, terdiri dari: Ketua Eksekutif Majlis Ugama Islam; Timbalan Pengarah, Pendamping Strategik & Masyarakat Berdaya Tahan; Timbalan Pengarah, Pembangunan Keupayaan dan Pendamping Silang Agama; Penolong Ketua Unit Strategik Masyarakat Berdaya Tahan.

Turut hadir dalam Rapat Persiapan SOM MABIMS ke 42 Kepala Biro Hukum dan KLN Gunaryo, Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, KaKanwil Kemenag Provinsi DI Yogyakarta Muhammad Lutfi Hamid. (MCA-iz)

Lihat juga  KERAS! Habibie: Indonesia Dijajah VOC yang Pakai Baju Baru

sumber ; kemenag

– Advertisement –

Sumber: Gema Islam
Indonesia Tuan Rumah Pertemuan Para Menteri Agama Brunei Malaysia dan Singapura Ke-42

Shares