Home / News / Imarah Islam Afghanistan Kuasai Pangkalan Militer Afghanistan di Kandahar

Imarah Islam Afghanistan Kuasai Pangkalan Militer Afghanistan di Kandahar

Up-News – Imarah Islam Afghanistan Kuasai Pangkalan Militer Afghanistan di Kandahar

KANDAHAR (Junalisla.com)Imarah Islam Afghanistan (Taliban) menguasai sebuah pangkalan militer Afghanistan di Kandahar kemarin malam, Rabu (18/10/2017) dan membunuh, melukai atau menangkap semua pasukan boneka kecuali dua tentara yang ditempatkan di sana. Serangan tersebut merupakan yang terbaru di provinsi selatan, di mana Taliban telah meningkatkan serangannya terhadap pos-pos militer Afghanistan.

Taliban membuka serangan malam hari di pangkalan tersebut, yang terletak di distrik Maiwand, dengan meledakkan HUMVEE yang dilengkapi dengan bahan peledak, pejabat Afghanistan mengatakan kepada TOLONews. Sebuah tim penyerang Taliban kemudian memasuki pos terdepan dan melawan pasukan Afghanistan yang masih ada.

Pasukan Afghanistan yang berbasis di sana menderita korban hampir 100 persen dalam serangan tersebut. Dari 60 tentara di markas tersebut, 43 orang terbunuh, sembilan terluka, dan enam lainnya “tidak diketahui,” menurut TOLONews, lansir Long War Journal.

Taliban mengaku melakukan serangan tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di situs resminya, Voice of Jihad, dan melaporkan bahwa “batalion tersebut benar-benar diserbu setelah membunuh 60 boneka [tentara Afghanistan dukungan AS] dan menghancurkan 5 APC [kendaraan lapis baja].” Taliban juga mengatakan pihaknya merebut senjata dan kendaraan pengangkut personel lapis baja setelah serangan tersebut.

Lihat juga  Ada “Perang Simbol” dalam Pertemuan Anies – Jokowi, Ini Maknanya Menurut Burhanuddin Muhtadi

Taliban baru-baru ini menguasai pangkalan militer di distrik-distrik terdekat di Kandahar. Pada bulan Juli, Taliban menyerbu sebuah perkemahan di Khakrez dan mengambil rampasan perang sebelum mengundurkan diri. Lima puluh tujuh dari 82 tentara yang ditempatkan di pangkalan tersebut terbunuh, terluka atau tertangkap dalam pertempuran tersebut. Pada bulan Mei, pejuang Taliban membunuh puluhan tentara Afghanistan boneka AS dalam dua serangan terpisah di basis di Shah Wali Kot.

Taliban telah meningkatkan serangannya terhadap pasukan Afghanistan bentukan AS dan berusaha merebut kembali tanah di provinsi Kandahar yang telah hilang bertahun-tahun lalu. Pada tanggal 26 Maret, Taliban mengaku berhasil mengendalikan lima dari 18 distrik Kandahar (Ghorak, Miyanashin, Registan, Shorabak, dan Maruf) dan memperjuangkan empat distrik lainnya (Arghastan, Khakrez, Maiwand, dan Shahwalikot). FDD’s Long War Journal menilai pengakuan Taliban bisa dipercaya. Dari sembilan distrik yang tersisa, Taliban mengatakan bahwa pihaknya “tidak mengendalikan wilayah tertentu” tapi “hanya melakukan serangan gerilya.”

Lihat juga  Islam Rahmatan Lil Alamin Hanya Akan Terwujud dengan Khilafah

Kandahar adalah provinsi strategis bagi Taliban dan dianggap sebagai tempat kelahirannya.

Taliban, yang tetap terkait erat dengan al Qaeda, telah mengambil banyak kemenangan di provinsi Kandahar. Hingga Oktober 2015, Al Qaeda menjalankan dua kamp pelatihan besar di distrik Shorabak.

Sumber: Jurnal Islam
Imarah Islam Afghanistan Kuasai Pangkalan Militer Afghanistan di Kandahar

Shares