Home / Kabar / Heboh Jejak Digital Video Megawati Bahas Pribumi, Akankah dilaporkan “Anaknya” Sendiri?

Heboh Jejak Digital Video Megawati Bahas Pribumi, Akankah dilaporkan “Anaknya” Sendiri?

Up-News – Heboh Jejak Digital Video Megawati Bahas Pribumi, Akankah dilaporkan “Anaknya” Sendiri?

Anak Buah Megawati Laporkan Pidato Pribumi Anies Baswedan ke Bareskrim Polri

Baru sehari menjabat sebagai Gubernur DKI, media sosial (medsos) kembali riuh usai pidato perdana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Senin (16/10) kemarin.

Pidato gubernur tersebut dituding bersikap rasis dalam pidatonya karena ada kalimat ‘kini saatnya pribumi jadi tuan rumah di negeri sendiri’.

Salah satu yang memperkarakan pidato tersebut adalah Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Ronny Talapessy.

Saat Anies Dipolisikan Ahoker, Netizen Bongkar Video Megawati Bilang “Pribumi”: Berani Ama Mak?

Ronny Talapessy, yang pernah menjadi anggota tim kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendatangi kantor SPKT Polda Metro Jaya (PMJ).

Baca Juga  Imam Istiqlal :Trinitas Tidak Berbenturan Dengan Ketuhanan YME, Netizen: “Kalau menjadikan gaduh lebih baik diam” Ini dia komentar lainnya

Kedatangan Ronny untuk melaporkan pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai dilantik di Balai Kota, Jakarta, Senin (16/10) kemarin ke kepolisian. Mereka mempersoalkan masalah ujaran Anies terkait “pribumi.”

Lihat juga  Faizal: Jokowi-JK Harus Hadiri Reuni 212, Tolak Reklamasi!

“Kami hari ini datang konsultasi dengan pihak polisi Polda metro jaya untuk melaporkan saudara Anies Baswedan terkait pidato yang kemarin disampaikan,” kata Ronny saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/10).

Menurutnya, mereka khawatir ada unsur pidana dari pernyataan Anies apabila mengacu pada Inpres tahun 26/98 terkait larangan penggunaan kata pribumi serta UU 40 tahun 2008 juga mengenai larangan menggunakan ujaran kebencian terhadap suku dan golongan tertentu.

Baca Juga  Video Brutal Ormas Serang Ormas, Beritanya Datar-datar saja Tak Ada Cap Radikal, Ini dia videonya

Namun, mereka masih perlu melakukan pembahasan dengan penyidik apakah memang ada unsur pidana atau tidak.

“Kita berharap bahwa ini tidak menjadi polemik yang lebih besar lagi sehingga menjadi kegaduhan. Jadi hari ini kita datang konsultasi ke PMJ. Kita coba melihat dulu unsur pidananya masuk atau tidak,” tutur Ronny yang aktif di Banteng Muda Indonesia Jakarta itu.

Lihat juga  Din Syamsuddin: Reuni Akbar 2l2 Adalah Hak Mengaktualisasikan Diri di Negara Demokrasi

Ronny menegaskan, laporan mereka masih perlu ditelaah lebih lanjut oleh pihak kepolisian. Ia pun masih belum bisa membuka bukti yang diajukan untuk melaporkan Gubernur Jakarta baru itu. Oleh karenanya, mereka belum bisa mengatakan apakah laporan diterima atau tidak.

“LP masih diproses sekarang kita diminta gelar perkara dulu di siber,” kata Ronny

Baca Juga  VIDEO: Gagal Beri Dakwah, Ustad Ini Ternyata Diculik dan Dipukuli Hingga Babak Belur

Seperti diketahui Anies menyebut kata Pribumui dalam pidato pelantikannya saat menjelaskan tentang sejarah kolonialisme Belanda di Jakarta.
“Jakarta adalah satu dari sedikit tempat di Indonesia yang merasakan hadirnya penjajah dalam kehidupan sehari-hari selama berabad-abad lamanya. Rakyat pribumi ditindas dan dikalahkan oleh kolonialisme. Kini telah merdeka, saatnya kita jadi tuan rumah di negeri sendiri.” Ujar Anies dalam pidatonya.

Pidato tersebut yang dipermasalahkan oleh Ronny dkk. Disaat hampir bersamaan, netizen mengungkap fakta lain, bahwa petinggi negara seperti Megawati pun pernah menyebut kata Pribumi dalam konteks kesejarahan juga, yaitu dalam pidatonya saat menerima gelar Doctor Honoris Causa.

Lihat juga  [VIDEO] Momen Mengharukan Pertemuan Korban Gusuran Warga Bukit Duri dengan Gubernur Anies Baswedan

Berikut ini videonya:

Sumber: Sehat Akal Suci Hati
Heboh Jejak Digital Video Megawati Bahas Pribumi, Akankah dilaporkan “Anaknya” Sendiri?

Shares