Home / News / Duh! Menhub Minta Rektor Curigai Aktivitas Mahasiswa di Masjid

Duh! Menhub Minta Rektor Curigai Aktivitas Mahasiswa di Masjid

Up-News – Duh! Menhub Minta Rektor Curigai Aktivitas Mahasiswa di Masjid

loading…

Foto: Tempo

Beritaislamterbaru.org – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta rektor dan pengelola kampus berbasis Islam memperhatikan aktivitas mahasiswanya di masjid-masjid dan asrama mahasiswa. Tujuannya agar mahasiswa tidak rentan terkena virus radikalisme. “Juga (diperhatikan) tempat kos untuk dilihat sejauh mana adik-adik kita belajar agama,” kata Budi Karya seusai orasi dan kuliah akbar di hadapan ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Palembang, Sabtu, 28 Oktober 2017.

Mahasiswa, menurut Budi, tergolong kelompok pemula yang rentan terhipnotis paham radikal.

Lihat juga  Panen Solidaritas Untuk Mahasiswa UHO

Dalam orasinya, Budi menjelaskan, dewasa ini, kebinekaan Indonesia sedang diuji. Ujian terbesar adalah menangani radikalisme, fundamentalisme, dan terorisme.

Budi mengatakan radikalisme tumbuh dari mereka yang terabaikan dan terpinggirkan. Mereka merasa diabaikan negara sehingga aspirasi dan kehidupan mereka terisolasi dan termarginalisasi.

Budi mencontohkan Suriah dan Irak. Dalam catatannya, gerakan ISIS dibangun dengan melakukan delegitimasi pemerintah, juga mengeksploitasi kekurangan pemerintah. “Modal sosial hancur dan radikalisme telah melahirkan perang saudara di sana,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, dalam kesempatan yang sama, mengatakan pihaknya bersama semua pemangku kepentingan sepakat melakukan pencegahan dini upaya penyebaran paham radikalisme.

Lihat juga  Duh, Wanita Ini Hidup Sendirian Selama 17 Tahun, Dibaliknya Ada Fakta Mengejutkan (Video)

“Di kampus, pemerintah bekerja sama dengan para pimpinan perguruan tinggi agar ajaran tersebut dapat dihilangkan secepat mungkin,” kata Alex.

Alex sangat optimistis daerah tersebut akan terbebas dari kegiatan yang jauh dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. “Kami juga merupakan daerah zero conflict dan ini akan kami pertahankan,” katanya. (EM)

[www.beritaislamterbaru.org]
loading…

Banner iklan disini

Sumber: Berita Terkini
Duh! Menhub Minta Rektor Curigai Aktivitas Mahasiswa di Masjid
Shares