Home / News / Catalunya Umum Kemerdekaan dari Spanyol

Catalunya Umum Kemerdekaan dari Spanyol

Up-News – Catalunya Umum Kemerdekaan dari Spanyol
Catalunya umumkan kemerdekaan dari Spanyol. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Madrid. Parlemen Catalunya, mengumumkan pemisahan diri dari Spanyol menyusul pemungutan suara secara rahasia pada Jumat (27/10/2017). Dilansir Aljazeera.net, Mahkamah Konstitusi Spanyol menyebut tindakan itu menyalahi hukum.

Sedangkan dewan senat Spanyol menyetujui pengaktifan pasa 155 konstitusi yang menangguhkan otonomi di provinsi Catalunya. Dengan begitu, maka manajemen pemerintahan akan diambil alih oleh Madrid secara langsung.

Lihat juga  Sanad, Harta Istimewa Kaum Muslimin

Disebutkan, anggota parlemen Catalunya menggelar pemungutan suara untuk pemisahan diri dan kemudian mengumumkan berdirinya negara republik. Ketua parlemen menyatakan, 70 anggota dari total 155 memilih untuk memisahkan diri.

Sementara itu, anggota parlemen oposisi memboikot pelaksanaan sidang sebelum diadakannya pemungutan suara. Hal itu dilakukan karena mereka menolak draft pemisahan diri dari Madrid.

Sebelumnya, pada awal bulan Oktober, otoritas Catalunya telah menggelar referendum pemisahan diri. Hasilnya, 90% rakyat mendukung, sedangkan pihak Madrid menyebut hal itu ilegal. (whc/dakwatuna)

Lihat juga  VIDEO: Pria Berseragam Loreng Terlibat Duel di Jalan Raya, Begini Kronologisnya

Sumber: Aljazeera

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:

Loading…
William Ciputra

William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma’had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok. Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma’had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat juga  Arab Saudi Bergejolak, Trump: Saya Percaya Raja Salman dan Putra Mahkotanya

Sumber: dakwatuna.com
Catalunya Umum Kemerdekaan dari Spanyol