Home / News / 10 Ledakan Pabrik Kembang Api Paling Mematikan di Seluruh Dunia, Tragedi di Tangerang Termasuk diantaranya

10 Ledakan Pabrik Kembang Api Paling Mematikan di Seluruh Dunia, Tragedi di Tangerang Termasuk diantaranya

Up-News – 10 Ledakan Pabrik Kembang Api Paling Mematikan di Seluruh Dunia, Tragedi di Tangerang Termasuk diantaranya

loading…


Personel Brimob Polda Metro Jaya mengevakuasi jenazah korban kebakaran pabrik kembang api di Kosambi, Tangerang, Banten, Kamis (26/10/2017). | ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL

Beritaislamterbaru.org – Bencana akibat ledakan pabrik kembang api ternyata sering terjadi di seluruh dunia dan umumnya diakibatkan oleh standar keamanan yang kurang memadai.
Ledakan pabrik kembang api di Tangerang, Banten hari Kamis (26/10) merupakan ledakan yang dahsyat karena telah mengakibatkan 47 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Jika dibandingkan dengan 10 besar dunia pabrik kembang api yang pernah meledak, ledakan di pabrik kembang api di Tangerang bahkan bisa menduduki masuk ke dalam daftar ini mengingat korban jiwanya cukup besar.

Posisi nomor satu ledakan pabrik kembang api tingkat dunia ‘’diraih’’ oleh Belanda ketika pada bulan Mei 2000 terjadi ledakan pabrik kembang api di kota Enschede.

Meskipun korban meninggal ‘’hanya’’ 18 orang kebakaran pabrik kembang api yang telah memicu 100 ton bahan peledak itu menyebabkan 946 orang terluka, 400 rumah hancur dan 1000 rumah lainnya rusak.

Lihat juga  Turki Gelar Perayaan Maulid Nabi Saw di Seluruh Penjuru Negeri

Ledakan pabrik kembang api kedua terbesar di dunia berlangsung di Messa Redonda, Peru, Desember 2001 dan mengakibatkan 290 orang tewas, 200 lainnya terluka, 320 orang dinyatakan hilang serta empat kota hangus terbakar.

Ledakan pabrik kembang api terbesar di dunia untuk nomor 3, 4, dan 5 terjadi di India, Denmark, dan Malaysia.

Kejadian ledakan pabrik kembang api di India berlangsung di kawasan Kollam pada bulan April 2016 yang mengakibatkan 110 orang tewas dan 400 luka-luka.

Sementara ledakan pabrik kembang api di Denmark yang berlangsung pada bulan November 2004 telah menghancurkan bangunan pabrik dan kawasan di sekitarnya. Korban tewas ‘’hanya’’ tiga orang dan 13 orangnya lainnya luka-luka.

Untuk ledakan kembang api terbesar nomor lima dunia di Malaysia terjadi pada bulan Mei 1991 di Kampung Baru Sungai Buloh, Selangor dan mengakibatkan 26 orang tewas dan 103 orang lainnya luka-luka.

Lihat juga  Ekonomi Turki "Meroket" di Kuartal III 2017, Tumbuh 11,1% Tercepat di Dunia

Urutan nomor ke 6,7,8,9, dan 10 untuk kasus ledakan pabrik kembang api di dunia terjadi di Mexico, China, Turki, India, dan AS.

Kejadian ledakan kembang api di Mexico berlangsung pada bula Maret 2013 dan mengakibatkan 13 orang tewas dan 154 orang luka-luka.

Di China yang merupakan negara paling sering mengalami ledakan pabrik kembang api, kejadian yang dianggap paling besar adalah yang terjadi pada Februari 2013 dan mengalibatkan 26 orang tewas.

Ledakan pabrik kembang api di Turki berlangsung pada Januari 2008 di distrik Davutpasa, selain menghancurkan gedung pabrik ledakan juga mengakibatkan 20 orang tewas.

Ledakan pabrik kembang api nomor 9 di dunia terjadi di kawasan Siwakashi, India Selatan telah menyebabkan 38 orang tewas dan 33 orang lainya terluka.

Uturan nomor ke-10 ledakan kembang api tingkat dunia yang berlangsung di AS terjadi di kawasan Benton Tennese pada bulan Mei 1983.

Lihat juga  ‘Rudal Baru Korut Bisa Capai Tempat Manapun di Dunia’

Akibat ledakan pabrik kembang api yang didirikan secara ilegal itu, 9 orang pekerja tewas dan enam lainnya luka-luka.

(Grid)

[www.beritaislamterbaru.org]

loading…

Banner iklan disini

Sumber: Berita Terkini
10 Ledakan Pabrik Kembang Api Paling Mematikan di Seluruh Dunia, Tragedi di Tangerang Termasuk diantaranya
Shares