Home / up-news / ICMI dan BAZNAS Sediakan Beasiswa Menarik Untuk Anak Pintar dan Kurang Mampu

ICMI dan BAZNAS Sediakan Beasiswa Menarik Untuk Anak Pintar dan Kurang Mampu

Up-news – ICMI dan BAZNAS Sediakan Beasiswa Menarik Untuk Anak Pintar dan Kurang Mampu

JAKARTA, muslimdaily.net – Guna menunjang akses peningkatan pendidikan lulusan Sarjana berprestasi namun tergolong ekonomi kurang mampu dan dari daerah terpencil, ICMI membuka dan menyediakan kesempatan beasiswa dalam bentuk program ICMI Cerdas.

Melalui Divisi Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) membuka beasiswa pelatihan (training) untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Ketua Umum ICMI, Jimly Asshiddiqie mengungkapkan bahwa beasiswa tersebut merupakan hasil kerja sama ICMI dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

“Ini ada khusus program beasiswa dari sumber zakat BAZNAS,” ungkap Jimly di Kantor ICMI

“Untuk meningkatkan daya saing alumni memperoleh pekerjaan di tingkat internasional serta peluang memperoleh beasiswa luar negeri pada jenjang pasca sarjana,” kata Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie, di Jakarta, Rabu 13 September 2017, demikian pemberitaan laman icmi.or.id.

“Banyak program beasiswa sekarang memusatkan perhatian hanya pada anak-anak pinter,” imbuh Jimly sebagaimana dilansir hidayatullah.com.

Namun, sambungnya, dalam praktiknya ternyata anak-anak pintar tersebut dari keluarga yang mampu.

“Ada keluhan bagi keluarga kurang mampu ini kurang mendapat kesempatan,” ujarnya.

Ketua Koordinasi Pendidikan, SDM, dan Pemberdayaan Potensi SDI Senior Prof DR Arma’i Arief mengungkapkan, saat ini pendaftaran beasiswa ICMI cerdas telah dibuka.

Kepada lulusan Strata 1 yang berminat dan ingin mendaftar dapat langsung mengunjungi laman www.icmicerdas.or.id.

“Kita sudah buka kepada anak-anak yang kurang mampu atau miskin. Kita menyiapkan mereka untuk mendapakan beasiswa. Beasiswa ini kerja sama dengan Baznas. Baznas yang membiayai pelatihan bahasa asing dan berlangsung di Euro Management,” ucap Arma’i.

Arma’i mengatakan, untuk wilayah Indonesia bagian timur, pelatihan dipusatkan di Makassar, Sulawesi Selatan dan tercatat yang telah mendaftar lebih dari 700 orang.

Kemudian di Jakarta, ujar Arma’i, sementara ini baru 117 pendaftar. Kendati demikian, prosesnya masih dibuka hingga satu pekan lagi sampai tahap seleksi.

Nantinya, jika sudah dinyatakan layak untuk mendapatkan beasiswa, pihak ICMI dan Euro Management akan mencarikan donor pendanaan ke luar negeri.

Judul: ICMI dan BAZNAS Sediakan Beasiswa Menarik Untuk Anak Pintar dan Kurang Mampu
Sumber: Muslimdaily.net
Link: http://www.muslimdaily.net/berita/icmi-dan-baznas-sediakan-beasiswa-menarik-untuk-anak-pintar-dan-kurang-mampu.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *