Home / up-news / AS Lancarkan Tiga Serangan Udara pada Al Shabaab

AS Lancarkan Tiga Serangan Udara pada Al Shabaab

Up-news – AS Lancarkan Tiga Serangan Udara pada Al Shabaab

SOMALIA (Jurnalislam.com) – Komando Afrika (Africa Command-AFRICOM) AS meluncurkan tiga “serangan udara presisi” terhadap Shabaab, cabang Al Qaeda di Somalia dan Afrika Timur, di Somalia selatan hari ini. Militer AS sekarang telah menargetkan pasukan Shabaab lima kali dan mengklaim membunuh 10 pejuang selama sepekan terakhir, Long War Journal melaporkan, Rabu (13/9/2017).

AFRICOM tidak memberikan lokasi tepat tiga serangan tersebut, namun mengatakan bahwa mereka terjadi “sekitar 260 kilometer selatan ibukota Mogadishu.” Serangan tersebut mungkin terjadi di suatu tempat di dekat Jilib, tempat yang aman bagi faksi Jihad Shabaab. Serangan tersebut terjadi “di wilayah yang secara geografis ditentukan untuk mendukung pasukan mitra di Somalia,” menurut AFRICOM.

Pada akhir Maret, administrasi Trump mengendurkan pembatasan militer AS dalam menggunakan kekuatan melawan Shabaab setelah Departemen Pertahanan mencatat bahwa Shabaab menjadi lebih mematikan dan berbahaya. Shabaab telah membunuh ratusan pasukan Uni Afrika dan Somalia sambil merebut pangkalan di Somalia selatan, dan telah mempertahankan tempat peristirahatan  yang aman serta memperluas wilayah yang berada di bawah kendalinya pada tahun 2016.

Sejak awal Juni, militer AS telah mengklaim 13 serangan terhadap Shabaab. Sasarannya beragam. Operasi 11 Juni menargetkan pusat komando dan simpul logistik Shabaab. Serangan 4 Juli menyerang pejuang Shabaab saat mereka melakukan serangan pangkalan militer di selatan.

Seperti cabang Al Qaeda lainnya, Shabaab mengendalikan sejumlah besar wilayah dan mengoperasikan layanan militer dan intelijen, dan mengatur daerah yang dikuasainya.

Departemen Luar Negeri AS, dalam Laporan Negara tentang Terorisme 2016, mengatakan bahwa Shabaab selama tahun lalu menjadi lebih tangguh “karena sebagian besar operasi milter AS mengalami penyimpangan selama tahun 2016.” Selain itu, AS mencatat bahwa militer Somalia “tetap tidak dapat mengamankan dan merebut kembali kota-kota dari al-Shabaab secara independen, “dan secara tidak eksplisit menyatakan, mengisyaratkan bahwa Misi Uni Afrika di Somalia (the African Union Mission in Somalia-AMISOM) gagal.

Seperti dalam siaran pers sebelumnya, AFRICOM juga mencatat bahwa Shabaab “telah berjanji setia kepada al Qaeda dan berdedikasi untuk menyediakan tempat yang aman bagi serangan mereka di seluruh dunia.” Kelompok ini juga “secara terbuka berkomitmen untuk merencanakan dan melakukan serangan terhadap AS dan mitra di wilayah ini.”

Judul: AS Lancarkan Tiga Serangan Udara pada Al Shabaab
Sumber: Jurnal Islam
Link: https://jurnalislam.com/lancarkan-tiga-serangan-udara-pada-al-shabaab/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *